Narendra Modi Pimpin Upacara Peringatan Kelahiran Mahatma Gandhi ke-153
Berita Baru, Internasional – Pada Minggu (2/10), Perdana Menteri India Narendra Modi memimpin upacara peringatan ulang kelahiran Mohandas Karamchand Gandhi, yang dikenal sebagai ‘Mahatma’ Gandhi, yang lahir pada 2 Oktober 1869 di Gujarat modern.
Seperti dilansir dari Sputnik News, Modi mengatakan pada bahwa cita-cita non-kekerasan dan kebenaran, yang diperjuangkan oleh Mahatma Gandhi, terus bergema secara global bahkan 74 tahun setelah kematiannya. Pernyataan tersebut dirilis dalam sebuah video untuk menandai ulang tahun ke-153 kelahiran ikon dunia itu.
Gandhi memperjuangkan filosofi “Satyagraha” (perjuangan untuk kebenaran), yang menganjurkan cara protes tanpa kekerasan terhadap otoritas kolonial Inggris (pada saat itu) untuk mengatasi ketidakadilan dan penindasan.
Sebagai penghormatan terhadap filosofi Gandhi tentang non-kekerasan, PBB menetapkan 2 Oktober sebagai Hari Anti-Kekerasan Internasional pada sidang tanggal 15 Juni 2007.
“Orang-orang seperti (aktivis hak-hak sipil Amerika) Dr Martin Luther King Jr dan mantan presiden Afrika Selatan dan ikon anti-apartheid Nelson Mandela menggunakan cita-cita Gandhiji untuk mengobarkan perjuangan panjang untuk persamaan hak di negara-negara tersebut,” kata Modi.
Modi juga menekankan bahwa nilai-nilai dan filosofi Gandhi tetap relevan hingga hari ini.
“Perang melawan kemiskinan adalah bentuk patriotisme terbaik,” kata Modi, saat dia mendesak orang India untuk mengingat ‘Jimat Gandhi’ dalam transaksi bisnis sehari-hari mereka. Jimat itu mendesak orang-orang untuk mengingat wajah orang yang paling miskin dan paling lemah yang pernah mereka lihat, ketika dihadapkan dengan keraguan diri.
Gandhi berkata bahwa seseorang harus mempertimbangkan apakah keputusan yang akan diambilnya akan membantu orang miskin atau lemah. Gandhi bertanya, “Apakah itu akan mengembalikannya ke kendali atas hidup dan takdirnya sendiri? Dengan kata lain, apakah itu akan mengarah pada swaraj (kebebasan) bagi jutaan orang yang lapar dan kelaparan secara spiritual?”
Dalam tulisannya, Gandhi sangat percaya, bahwa dalam mencapai kemandirian ekonomi India harus memajukan industri rumahan daripada alat produksi industri barat. Meskipun tidak secara eksplisit menentang industrialisasi, Gandhi memperingatkan terhadap kebergantungan akan mesin. Sebaliknya, ia dengan giat menganjurkan pengorganisasian industri pedesaan dan rumah tangga, berdasarkan metode produksi India, untuk menciptakan lapangan kerja berskala luas.
Filosofi Gandhi untuk mencapai kemandirian ekonomi melalui pemberdayaan ekonomi sangat kontras dengan penjajah Inggris, yang memanfaatkan India sebagai sumber bahan baku untuk mendorong industrialisasi di Inggris. Para simpatisan pemerintahan kolonial Inggris di India juga sering membenarkan penaklukan ekonomi dan politik atas rakyat India dengan argumen bahwa Inggris memperkenalkan industri modern ke India, termasuk perkeretaapian.
Faktanya, Gandhi dengan gigih menentang cita-cita barat sepanjang hidupnya dan melihat kolonialisme sebagai perpanjangan dari peradaban barat. Dia mengungkapkan kritiknya tentang peradaban barat dan menawarkan alternatif India terhadap bentuk organisasi ekonomi barat dan politik dalam sebuah buku ‘Hind Swaraj’ (pemerintahan mandiri India), yang diterbitkan pada tahun 1909.
“Gandhi memandang kolonialisme dan imperialisme sebagai kecenderungan predator di negara-negara dunia yang korup secara moral dan rakus ekonomi yang berusaha memenuhi keinginan mereka melalui mekanisme kolonialisme dan imperialisme,” tulis cucu Gandhi, Rajmohan Gandhi, dalam bukunya Gandhi: The Man , Umat-Nya, dan Kerajaan, 2006.
Tahun-Tahun Awal Gandhi di Afrika Selatan
Gandhi, yang dilatih sebagai pengacara di Inggris, pada awalnya mempraktikkan filosofi non-kekerasan untuk memobilisasi komunitas India dan kulit berwarna di Afrika Selatan, yang kemudian diatur di bawah undang-undang apartheid yang menganjurkan segregasi dalam kehidupan publik.
Gandhi berpandangan tegas bahwa sarana organisasi tanpa kekerasan akan berfungsi sebagai sarana mobilisasi politik massa yang lebih efektif melawan penguasa kolonial, yang memiliki tentara lebih terlatih dengan peralatan modern yang canggih. Gagasan non-kekerasan sebagai alat politik melawan penindasan juga memiliki pengaruh besar pada gerakan kemerdekaan India yang dipimpinnya di kemudian hari.
Menurut catatan pemerintah India, Gandhi berada di Afrika Selatan antara tahun 1892 dan 1915. Selama periode itu, ia mengorganisir beberapa demonstrasi tanpa kekerasan terhadap beberapa undang-undang yang diskriminatif. Pemikiran dan keyakinan Gandhi juga dikatakan telah mengilhami pembentukan Kongres Nasional Afrika (ANC), yang kemudian dipimpin oleh peraih Nobel Perdamaian Nelson Mandela dan dipuji karena memimpin perlawanan terhadap kebijakan apartheid.
Gandhi juga membuka Perkebunan Tolstoy di pinggiran Johannesburg pada tahun 1910 dalam upaya untuk melatih ‘satyagrahis’ (pejuang kebenaran) yang akan terinspirasi oleh cita-cita kemandirian ekonomi dan non-kekerasan. Perkebunan Tolstoy berfungsi sebagai tempat uji coba model ekonomi dan politik Gandhi di ‘Hind Swaraj’, di mana penduduknya dilatih di berbagai bidang seperti pertukangan kayu dan pertanian dan menanam makanan mereka sendiri.
Kembalinya Gandhi ke India dan Kepemimpinannya dalam Gerakan Kebebasan
Gandhi kembali dari Afrika Selatan pada Januari 1915 dan terlibat dalam mengorganisir massa India melawan pemerintah imperialis Inggris.
Agenda politik Gandhi dan cita-citanya mulai mendapat penerimaan luas di antara banyak orang India, Pakistan, dan Bangladesh (kemudian diperintah di bawah satu entitas politik) setelah ia berhasil mengorganisir para petani Champaran di Bihar pada tahun 1917, sebuah gerakan pembangkangan sipil pertama di India. Para petani, yang dipimpin oleh Gandhi, memprotes secara damai ketika otoritas Inggris memaksa mereka menanam nila untuk tujuan ekspor.
Pemerintah Inggris akhirnya terpaksa menarik kembali perintah tersebut.
Keberhasilan gerakan Champaran juga menyebabkan Gandhi menemukan penerimaan dalam Kongres Nasional India, yang saat itu merupakan satu-satunya platform politik berbasis pan-India yang terlibat dengan pemerintah kolonial Inggris untuk hak-hak orang India.
Pada tahun 1921, Gandhi meluncurkan Gerakan Non-Kerjasama nasional yang menyerukan boikot produk Inggris dan mendesak orang India untuk tidak mematuhi koloni Inggris sebagai tanda protes terhadap kebijakan politik yang menindas. Gandhi mengatakan bahwa tujuan dari gerakan itu adalah untuk memaksa Inggris memberikan kemerdekaan India.
Gandhi sendiri melepaskan pakaian barat selama gerakan dan terpaksa hanya mengenakan kain pintal tangan, yang terus ia kenakan sampai pembunuhannya pada tahun 1948.
Namun, Gandhi yang bermasalah tiba-tiba menarik agitasi nasionalnya pada Februari 1922 setelah para pemrotes yang mendukung Gerakan Non-Kerjasama membakar kantor polisi di kota Chauri Chaura, Uttar Pradesh. Gandhi mengatakan pada saat itu bahwa gerakan kebebasan menentang segala bentuk kekerasan.
Pada tahun 1924, Gandhi menjadi presiden Kongres Nasional India.
Pada tahun 1930, Gandhi meluncurkan ‘Dandi’ March, yang merupakan protes terhadap pajak garam yang dikenakan oleh otoritas Inggris. Protes berlangsung 24 hari, hampir 400 km dimulai di Sabarmati Ashram Gandhi dan berakhir di Dandi (sekarang Navsari di Gujarat). Di Dandi, Gandhi dan pengikutnya mensintesis garam melalui penguapan air laut, yang dimaksudkan sebagai protes terhadap pajak kolonial atas garam. Gandhi meminta orang India untuk tidak membayar pajak apa pun atas garam, dengan jutaan orang mengindahkan seruannya.
Gandhi meluncurkan ‘Gerakan Keluar India’ pada tahun 1942, ketika dia menyerukan ‘Lakukan atau Mati’ untuk kebebasan bagi semua orang India. Peluncuran gerakan bertepatan dengan meningkatnya keterlibatan Inggris dalam Perang Dunia Kedua, Gandhi melihat perang sebagai kesempatan untuk menekan imperialis Inggris untuk meninggalkan negara itu.
Meskipun Inggris turun dengan tangan berat saat demonstrasi bergulir di seluruh negeri ini, ada pengakuan yang berkembang bahwa Mahkota tidak akan mampu mempertahankan kendali atas anak benua itu untuk waktu yang lama.
Gandhi ditembak mati oleh seorang nasionalis Hindu yang mengaku dirinya sebagai Nathuram Godse pada tanggal 30 Januari 1948, lima bulan setelah India mencapai kemerdekaan yang telah lama dicari. Namun, Gandhi dilaporkan tidak senang dengan pembagian anak benua berdasarkan garis agama.
“Saya hanya bisa melihat kejahatan dalam rencana itu,” kata Gandhi kepada politisi Kongres Rajendra Prasad pada Juni 1947, ketika rencana untuk membagi anak benua menjadi India dan Pakistan pertama kali diumumkan.