Beritabaru.co Dapatkan aplikasi di Play Store

 Berita

 Network

 Partner

4 Tren Teknologi Metaverse Continuum yang Harus Anda Ketahui

4 Tren Teknologi Metaverse Continuum yang Harus Anda Ketahui

Berita Baru, Inovasi – Dalam sebuah dokumen terbaru bertajuk ‘Meet Me in The Metaverse’ tercantum empat tren teknologi utama yang kemungkinan besar akan berdampak pada kehidupan masyakat dunia tahun ini.

Empat tren yang diidentifikasi dalam laporan tersebut antara lain: 1) WebMe – Menempatkan “aku” di metaverse; 2) Programmable world – planet kita yang dipersonalisasi; 3) The unreal: Menjadikan yang sintetis, asli; dan 4) Computing the impossible: Mesin baru, kemungkinan baru.

Bernard Marr seorang Futurist cum contributor Forbes.com yang berkesempatan berbicara dengan salah satu penulis laporan – Paul Daugherty, yang merupakan Group Chief Executive untuk Teknologi Accenture, mengungkapkan bahwa, kata “continuum” dipilih karena mewakili bentuk yang diyakini akan diambil oleh metaverse. Artinya, “spektrum dunia, realitas, dan model bisnis yang disempurnakan secara digital.”

Keempat tren ini, tulis Bernard Marr, menyentuh elemen yang akan membentuk metaverse.  “Ini merangkum beberapa ide yang terkait dengan konsep identitas dalam domain digital dan dalam realitas digital imersif yang suatu hari akan menjadi metaverse,” urai Bernard.

WebMe

Ide-ide ini, lanjutnya, termasuk konsep “kehadiran” –kita akan memiliki pengalaman hadir, melalui avatar atau representasi lain dari diri kita sendiri, dalam domain, bukan hanya mengamatinya, seperti yang kita lakukan hari ini ketika kita menelusuri halaman web atau menggunakan sebuah aplikasi. Selain itu juga menggambarkan gagasan bahwa data kita akan portabel di antara berbagai domain atau area metaverse, dan rasa identitas dan kehadiran digital kita akan bergerak bersamanya.

“Ini bekerja untuk menciptakan pengalaman yang jauh lebih mendalam yang kami yakini akan menjadi karakteristik yang menentukan dari ” metaverse experience “,” jelasnya.

Daugherty menyatakan kepada Bernard bahwa dua konsep penting yang akan muncul dari sini adalah “Internet of place” dan “Internet of ownership.” “Ini adalah ruang dan pengalaman kolaboratif bersama yang dapat Anda miliki … hal-hal seperti Microsoft Mesh dan Omniverse dari Nvidia … itulah internet of place,” ungkapnya.

Sedangkan “Internet of ownership” yang benar-benar mendasar – bentuk identitas baru, dan membangun identitas unik untuk orang dan objek di internet. Itulah yang memungkinkan cryptocurrency dan memungkinkan bentuk perdagangan baru. Hal-hal seperti token yang dapat dipertukarkan dan tidak dapat dipertukarkan dan yang baru produk yang dapat Anda miliki di internet, dan ini benar-benar merupakan gamechanger dari perspektif bisnis.

Programmable world (Dunia yang Dapat Diprogram)

Ketika dunia menjadi semakin virtual, digital, dan terkomputerisasi, kemampuan manusia mengontrol dan memanipulasinya pun meningkat. Misalnya, dulu mobil sepenuhnya mekanis. Hari ini dapat menghubungkannya ke komputer dan mendiagnosis kesalahan serta menyempurnakan setiap aspek kinerjanya. Ini sudah melampaui mobil, dengan komputer dan microchip ditemukan di setiap perangkat mulai dari ceret hingga nyaris seluruh kehidupan manusia.

“Semua hal itu menjadi kenyataan, dan itu benar-benar memperluas apa yang dapat dilakukan bisnis dan memiliki banyak manfaat termasuk keberlanjutan,” kata Daugherty kepada Bernard.

The unreal

Data sintetis adalah data apa pun yang dihasilkan oleh komputer daripada diambil dari dunia nyata. Secara khusus, ini dibuat menggunakan algoritme kecerdasan buatan (AI) dan kembar digital yang mampu memodelkan objek, sistem, dan proses dunia nyata dengan akurasi yang meningkat, dan karenanya menciptakan data yang memiliki semua nilai data dunia nyata.

Dalam situasi ini, perbedaan penting menjadi kurang tentang apa yang “nyata” atau “tidak nyata” dan lebih tentang apakah data itu realistis atau tidak realistis – atau otentik atau tidak otentik.

“Seperti biasa, ini tentang mendapatkan keseimbangan yang tepat dan melihat peluang untuk melakukannya dengan baik, serta tanggung jawab untuk menghindari jebakan – banyak pekerjaan yang dilakukan seputar keaslian,” kata Daugherty.

Computing the impossible

Dunia terus bergerak seiring dengan pesatnya peningkatan daya komputasi. Bidang komputasi yang dimaksud sebagai kecerdasan buatan, khususnya pembelajaran mesin dan pembelajaran mendalam, terutama menjadi layak dalam dekade terakhir ini karena prosesor komputer akhirnya tersedia yang dapat mengikuti latar belakang matematika yang diperlukan.

Saat ini, Google dikatakan memiliki komputer kuantum yang berfungsi yang mampu beroperasi 100 juta kali lebih cepat daripada komputer non-kuantum mana pun yang ada. Meskipun ini hanya akan relevan untuk sejumlah kasus penggunaan yang sangat terbatas, jelas bahwa kami bersiap untuk peningkatan daya komputasi, tidak seperti apa pun yang pernah kita lihat sebelumnya.

“Bentuk komputasi baru akan mengubah apa yang dapat Anda hitung, Anda akan dapat memecahkan masalah baru … akan menjadi masalah yang tak terpecahkan bahkan dengan komputasi kinerja tinggi dan cloud,” jelas Daugherty seperti dikutip Bernard. []